Kesalahan Merawat Jaket Kulit Sintetis

Kesalahan Merawat Jaket Kulit Sintetis

Kesalahan Merawat Jaket Kulit Sintetis yang Sering Dilakukan  – Jaket berbahan kulit tidak hanya digemari oleh kaum lelaki, banyak wanita yang juga menggemari jaket berbahan kulit. Suka mengenakan jaket berbahan kulit tapi tidak tau bagaimana cara merawatnya. Itu akan membuat jaket kulit kesayangan tidak akan berumur lama. Baik itu jaket kulit sintetis atau jaket kulit hewan asli, keduanya memiliki cara perawatan yang khusus.

Akan sayang jaket kulit brand terkenal tapi tampilannya kusam, pecah-pecah, dan berkerut hanya karena perawatan yang tidak tepat. Merawat jaket kulit sintetis sama halnya seperti merawat jaket kulit asli. Beberapa hal harus diperhatikan agar jaket bisa berumur panjang dan tetap seperti baru.

Cara Merawat Jaket Kulit Sintetis

Pengetahuan umum tentang bagaimana memelihara jaket kulit sintetis ialah jangan mencuci jaket kulit dengan air detergen atau memasukkan jaket kulit ke mesin pencucian. Itu akan membuat jaket kulit sintetis tidak bertahan lama dan mudah lapuk karena serat kulit sintetis sudah pecah akibat bahan kimia dan penggiling mesin cuci.

Cara membersihkan jaket berbahan kulit sintetis sebenarnya sangat sederhana namun sering diabaikan oleh pengguna jaket kulit. Cukup dengan menggunakan kain halus yang telah dibasahi, kemudian lap permukaan jaket kulit bagian luar untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Setelah itu, jaket kulit tinggal dijemur dengan cara diangin-anginkan.

Cara penyimpanan dan perawatan harian jaket kulit juga harus diperhatikan agar tampilan jaket tetap mulus, rapi, dan halus. Hindari kebiasaan buruk membersihkan jaket kulit yang salah mulai sekarang.

Kesalahan-Kesalahan dalam Merawat Jaket Kulit Sintetis

Jaket kulit sintetis atau jaket kulit hewan asli akan awet dan tahan lama walau digunakan terus menerus jika dirawat dengan cara yang tepat. Akan tetapi ketidak-tahuan memelihara jaket kulit menjadikan jaket kulit kesayangan cepat sekali rusak dan pecah-pecah. Kesalahan-kesalahan perawatan harian jaket kulit membuat bahan kulit menjadi kaku dan keras sehingga kurang nyaman saat dikenakan.

Kesalahan apa saja yang sering dilakukan dalam merawat dan memelihara jaket kulit yang sering dilakukan.

  1. Suka menyemprotkan parfum pada jaket kulit

Jaket berbahan kulit sangat sensitif dengan cairan yang mengandung bahan kimia. Oleh karena itu jangan menyemprotkan parfum pada jaket kulit jika tidak ingin jaketnya cepat rusak.

  1. Menggunakan semir untuk meningkatkan warna

Tidak seperti jaket kulit asli yang menggunakan semir sepatu untuk memperkuat warna kulit, merawat jaket kulit sintetis sedikit berbeda. Jaket kulit sintetis akan menjadi sangat kaku jika dioleskan semir. Agar warna jaket kulit sintetis tetap cerah, rutin membersihkan jaket kulit menggunakan kain lembab. Dengan demikian debu yang membuat warna kulit kusam akan hilang apabila rutin dibersihkan. Anda bisa juga menggunakan cat khusus untuk jaket kulit sintetis untuk mempertahankan warnanya.

  1. Mengoleskan lotion pada kulit sintetis

Kesalahan lain yang sering dilakukan dalam merawat jaket kulit sintetis ialah mengoleskan lotion seperti pada jaket kulit asli. Hal ini justru keliru karena lotion akan membuat kotoran mudah menempel pada jaket kulit. Agar jaket kulit sintetis senantiasa lembut ialah cukup menggunakan lap lembab dan diusap-usapkan keseluruh permukaan jaket.

  1. Menyimpan jaket ditempat gelap dan lembab

Jaket kulit sintetis juga rentan ditumbuhi jamur apabila tidak diperhatikan tempat penyimpanannya. Penyimpanan yang asal membuat jaket kulit terlihat seperti tidak terawat. Pastikan meletakkan atau menyimpan jaket kulit ditempat yang kering tapi tidak terkena sinar matahari langsung.

Tempat lembab akan membuat jaket mudah rusak karena ditumbuhi jamur. Selain itu, baunya juga jadi kurang enak karena lembab.

Itulah beberapa informasi mengenai kesalahan dalam merawat jaket berbahan kulit sintetis yang harus dihindari. Setelah mengetahui bagaimana memperlakukan jaket kulit kesayangan dengan baik dan benar, mulai sekarang ubah kebiasaan kurang baik dalam merawat jaket kulit agar jaket kulit sintetis tetap awet walau sudah berumur.

Leave a comment