Merawat Jaket Kulit Asli dan Sintetis dengan Benar

Merawat Jaket Kulit Asli dan Sintetis dengan Benar

Merawat Jaket Kulit Asli dan Sintetis dengan Benar – Tidak seperti jaket dengan bahan lainnya, jaket kulit memiliki cara perawatan tersendiri. Untuk merawat jaket kulit perlu diperhatikan bahan kulit yang digunakan. Apakah jaket tersebut berbaha kulit asli atau jaket dengan bahan kulit sintetis. Walaupun sma-sama berbahan kulit, jaket kulit asli dan jaket kulit sintetis memiliki cara perawatan sendiri.

Banyak pemilik jaket kulit yang ternyata masih awam mengenai cara membersihkan jaket kulit yang mereka miliki. Membersihkan jaket kulit dengan cara mencuci dengan detergen adalah sebuah pelanggaran yang sering dilakukan. Padahal bahan kimia yang terdapat pada detergen justru akan merusak bahan kulit pada jaket. Untuk itu pentingnya mengetahui cara merawat jaket kulit yang baik dan benar.

Cara Merawat Jaket Kulit Asli

Mencuci. Jangan sekali-sekali mencuci jaket kulit menggunakan mesin cuci karena itu akan merusak kulit jaket itu sendiri. Apabila ingin membersihkan jaket kulit cukup dengan merendamnya dengan air. Yang lebih baik lagi dalam membersihkan jaket kulit asli adalah dengan menggunakan kain basah dan lap permukaan jaket kulit perlahan.

Kalaupun memang harus menggunakan sabun, pilihlah sabun yang direkomendasikan untuk mencuci bahan kulit atau menggunakan pelembut yang tidak mengandung detergen. Cara mencuci yang benar merupakan cara mememelihara jaket kulit yang seharusnya.

Menjemur. Setelah dicuci, jaket kulit harus segera dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan pernah menjemur jaket kulit langsung di bawah sinar matahari jika tidak ingin melihat jaket kulit kesayangan menjadi rusak.

Menyimpan. Cara menyimpan jaket kulit asli yang benar adalah dengan menggantungnya menggunakan hanger. Jangan dilipat seperti pakaian lainya. Melipat jaket kulit akan meninggalkan bekas lipatan dan merusak tekstur kulit. Tempat penyimpanan juga harus baik, hindari tempat yang lembab karena akan menimbulkan jamur dan bau tidak sedap.

Melembutkan. Jaket kulit yang terus menerus digunakan akan terasa kaku dan sedikit keras. Agar jaket kulit senantiasa lembut dan tidak kaku, oleskan lotion pada permukaan jaket kulit. Gunakan kain yang lembut agar lotion merata ke seluruh jaket. Selain lotion, minyak zaitun dan minyak kelapa juga bisa digunakan untuk merawat jaket kulit agar selalu lembut.

Cara Merawat Jaket Kulit Sintetis

Mencuci. Sama seperti jaket kulit asli, jaket kulit sintetis tidak dianjurkan dicuci menggunkan mesin cuci dan juga detergen. Jaket kulit sintetis ang dicuci dengan mesin cuci akan meyebabkan serat kulit sintetis akan pecah dan itu akan merusak jaket kulit.

Cara yang tepat mencuci jaket kulit sintetis adalah dengan merendamnya dengan air biasa selama kurang lebih 15 menit. Alternatif lain adalah dengan menggunkan cairan khusus pembersih jaket kulit sintetis. Semprotkan cairan pembersih pada permukaan kulit dan lap dengan kain halus agar tidak merusak tekstur kulit sintetis. Sinar matahari adalah musuh bagi pakaian berbahan kulit karena akan merusak kulit.

Menjemur. Jaket kulit sintetis juga tidak disarankan untuk dijemur langsung di bawah sinar matahari sebab bisa membuat bahan kulit sintetis mengkerut. Cukup diangin-anginkan di luar rumah dengan cara digantung menggunkan hanger.

 

Menyimpan. Penyimpanan jaket berbahan kulit juga berlaku pada kulit sintetis. Simpan di tempat yang temperaturnya normal. Hindari penyimpanan di tempat lembab karena akan menyebabkan jaket kulit berjamur dan apek. Simpan di lemari dengan cara digantung, jangan dilipat.

Melembutkan. Tidak seperti jaket kulit asli yang menggunakan lotion untuk melembutkan tekstur kulit, menjaga kelembutan jaket kulit sintetis cukup dengan menggunakan kain yang dibasahi. Lap permukaan kulit dan keringkan dengan kain kering atau diangin-anginkan.

Demikianlah cara sederhana merawat dan menjaga jaket kulit agar bisa tahan lama walaupun sering digunakan. Informasi cara merawat jaket kulit asli atau sintetis harus diketahui oleh para pecinta jaket berbahan kulit.

Leave a comment