Merawat Jaket Kulit Mudah agar Terhindar dari Jamur

Merawat Jaket Kulit Mudah agar Terhindar dari Jamur

Merawat jaket kulit sebenarnya merupakan hal yang mudah. Seperti yang kita ketahui jaket kulit dapat membuat penampilan menjadi lebih keren. Bagi anda pecinta jaket kulit, anda harus berhati-hati terhadap jamur yang dapat tumbuh di jaket kulit anda. Nah, untuk menghindari hal itu terjadi, berikut tipsnya.

Penyebab jaket kulit berjamur

Nah, ternyata banyak faktor penyebab jaket kulit menjadi jamuran. Biasanya jaket kulit akan berjamur apabila disimpan dalam waktu yang lama. Bagi anda yang memiliki jaket kulit dan jarang memakainya tapi jaket kulit tersebut harganya mahal atau modelnya bagus, anda harus berhati-hati, nih. Dengan disimpan dalam waktu yang lama maka jaket kulit tersebut pun tidak akan terkena sinar matahari. Nah, hal inilah yang dapat menyebabkan jaket kulit anda menjadi jamuran. Selain itu jaket kulit yang disimpan pada lemari kayu pun ternyata dapat menjadi salah satu penyebab jamur di jaket kulit.

 

Hal ini dikarenakan kayu merupakan tempat yang paling mudah untuk jamur dapat tumbuh dan berkembang. Jika lemari kayu anda sudah terkena jamur, maka pakaian yang di dalamnya pun akan dengan mudah terkena jamur juga. Selanjutnya tidak ada sirkulasi udara yang baik pada lemari atau tempat penyimpanan jaket anda. Hal ini juga akan mempercepat munculnya jamur di jaket kulit anda, loh! Terlebih lagi jika tempat penyimpanan jaket kulit anda tersebut merupakan tempat yang lembab. Maka dapat dipastikan bahwa jamur akan muncul dengan pesat pada jaket kulit anda.

Cara mewarat jaket kulit dari jamur

Nah, anda sudah mengetahui penyebab jaket kulit yang berjamur. Sekarang saatnya merawat jaket kulit anda agar bebas dari jamur. Cara merawat jaket kulit agar tidak berjamur pertama-tama yaitu usahakan untuk menggantung jaket kulit di luar ruangan atau dalam ruangan yang terang atau terkena sinar matahari. Selain itu pastikan juga di ruangan tersebut terdapat sirkulasi udara yang baik. Yang paling penting adalah tidak menyimpan jaket kulit anda di tempat yang lembab. Selain itu jika anda menyimpan jaket kulit anda di dalam lemari, tarulah kemper atau silica pada lemari anda. Silica juga bisa disimpan di dalam kantong jaket kulit anda sehingga jamur tidak akan tumbuh. Namun bagi anda yang jaket kulitnya sudah terlanjur terkena jamur, anda tidak usah cemas. Jamur tersebut juga dapat dihilangkan dengan cara:

 

  • Anda dapat menyikat area berjamur pada jaket kulit anda dengan sikat yang lembut, misalnya sikat gigi yang sudah tidak terpakai lagi.
  • Anda juga dapat membuat larutan cuka untuk menghilangkan jamur pada jaket kulit anda. Campurkanlah cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Lalu basahi lap yang bersih dengan larutan tersebut. Selanjutnya usapkanlah pada area yang ditumbuhi jamur di jaket kulit anda sampai jamur menghilang. Nah, larutan asam ini dapat berfungsi untuk membunuh jamur serta mencegah pertumbuhan jamur. Namun perlu diingat, sebelum mengusapkan larutan cuka pada jaket kulit anda, anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa warna jaket kulit anda tidak akan luntur dengan larutan tersebut.

Tips perawatan rutin jaket kulit

Untuk merawat jaket kulit tersebut haruslah dilakukan secara rutin. Di samping untuk menghilangkan jamur, ternyata perawatan tersebut bertujuan agar jaket kulit anda awet dan dapat digunakan dalam kurun waktu yang lama. Nah, untuk menghindari kulit pada jaket kulit anda menjadi retak, anda pun dapat mengoleskannya dengan pelembab. Anda dapat membeli lotion khusus untuk jaket kulit di toko-toko. Selain itu anda juga dapat menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk melembabkan dan menghaluskan jaket kulit anda. Lalu untuk penyimpanannya, jangan melipat jaket kulit anda karena lipatan-lipatannya akan membekas. Oleh sebab itu sebaiknya jaket kulit disimpan dengan cara digantung.

Begitulah beberapa tips dan cara merawat jaket kulit. Semoga bermanfaat!

Leave a comment